Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Menggunakan Model FMADM (Fuzzy Multiple Attribute Decision Making) dengan Metode Weighted Product (WP)

  • Abdul Kadim Unversitas Budi Darma
Keywords: Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM), Weighted Product (WP)

Article Metrics

Abstract view : 442 times

Abstract

Semakin berkembangnya teknologi informasi seperti sekarang ini, mendorong munculnya perangkat-perangkat teknologi informasi, hal ini seringkali dikaitkan dengan perkembangan komputer yang semakin hari semakin mengalami peningkatan. Munculnya laptop dengan berbagai merk dan kwalitas serta variasi harga yang semakin kompetitif baik produksi dalam negeri maupun produksi luar mengakibatkan meningkatnya minat daya beli masyarakat. Seringkali masyarakat melakukan pembelian hanya karena tertarik dengan model ataupun tampilan serta fasilitas yang terbaru tanpa di sesuaikan dengan kebutuhannya. Hal ini seringkali menjadikan  ketidaksesuaian antara harga barang, fungsi dan fasilitas yang ada.

Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) adalah suatu metode yang dapat diterapkan dalam perangkat lunak pengambilan keputusan dimana digunakan untuk mencari alternatif optimal dari sejumlah alternatif dengan kriteria tertentu. Ada beberapa teknik yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam model FMADM antara lain: Simple Additive Weighting (SAW), Weighted Product (WP), ELECTRE, Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) dan Analytic Hierarchy Process (AHP) dimana proses perhitungan setiap metode tersebut berbeda dengan yang lain. Dalam tugas akhir ini digunakan metode Weighted Product (WP) karena menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, menggunakan perkalian untuk menghubungkan atribut, dimana setiap atribut harus dipangkatkan dulu dengan bobot atribut yang bersangkutan, kemudian dilanjutkan dengan proses perangkingan untuk menentukan alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksud adalah teknologi konservasi dan jenis komputer..

References

[1]. Jogiyanto Hartono.MBA.Akt,Ph.D, Pengenalan Komputer penerbit ANDI Yogyakarta (2005:683)
[2]. Robert G. Murdick/Joel E. Ross/James R. Clageet, Sistem Informasi Untuk Manajemen Modern penerbit Erlangga (1993:6)
[3]. James R. Clageet (Pengenalan Sistem Komputer, 2001:45)
[4]. Abdul Kadir, (2002: 48)
[5]. Analisis & Disain, Andi Yogyakarta, 2001:24
[6]. Pengantar Perancangan Sistem, Husni Iskandar Pohan, 2010:28
[7]. Jogiyanto Hartono Analisis Dan Disain, Andi Yogyakarta 2001:31
[8]. Fathansyah 2002:23
Published
2022-11-14
How to Cite
Kadim, A. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Menggunakan Model FMADM (Fuzzy Multiple Attribute Decision Making) dengan Metode Weighted Product (WP). Jurnal Multimedia Dan Teknologi Informasi (Jatilima), 4(02), 83-91. https://doi.org/10.54209/jatilima.v4i02.331
Section
Articles